Beranda  ❯  Blogs  ❯  Cara Sewa Bus Pariwisata yang Benar
13 Februari 2024

Cara Sewa Bus Pariwisata yang Benar

Cara Sewa Bus Pariwisata yang Benar
Cara sewa bus pariwisata harus Anda ketahui supaya mendapatkan bus yang nyaman dan harga terjangkau. Bagi Anda yang merencanakan perjalanan liburan ke luar kota bersama keluarga besar atau komunitas. Memilih bus pariwisata sebagai sarana transportasi adalah keputusan yang cerdas dan sesuai.

Dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi, bus pariwisata menawarkan sejumlah keuntungan yang signifikan. Selain menampung banyak penumpang, bus pariwisata juga dilengkapi dengan fasilitas yang akan meningkatkan kenyamanan dan kesenangan selama liburan rombongan Anda.
 

Begini Cara Sewa Bus Pariwisata


Saat liburan menggunakan bus pariwisata, setiap peserta dapat menikmati kebersamaan bersama peserta lain. Dengan suasana yang nyaman di dalam bus, aktivitas tetap bisa dilakukan dengan lancar. Hal ini akan membuat perjalanan menuju tempat liburan menjadi lebih seru dan menyenangkan.

Sebelum Anda memutuskan untuk menyewa bus pariwisata, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut ini adalah beberapa cara sewa bus pariwisata agar Anda tidak salah dalam memilih bus pariwisata:
 

1. Mencari Informasi Seputar PO Bus


Saat menyewa bus pariwisata, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan riset terlebih dahulu mengenai perusahaan bus pariwisata yang akan Anda pilih. Penting untuk mencari informasi mengenai track record dan reputasi perusahaan tersebut.

Anda harus memperhatikan perusahaan tersebut, apakah memiliki driver bersertifikat dan kualitas operasional yang baik? Anda bisa mencari informasi dan ulasan mengenai layanan bus pariwisata tersebut, baik melalui sumber offline maupun online, seperti internet dan media sosial.

Anda dapat menelusuri website-website penyewaan bus pariwisata di internet atau melalui aplikasi untuk mendapatkan umpan balik dari konsumen yang pernah menggunakan layanan bus tersebut.
 

2. Tentukan Kapasitas


Cara sewa bus pariwisata yang kedua adalah menentukan kapasitas bus yang akan digunakan. Setelah mendapatkan informasi lengkap mengenai perusahaan bus pariwisata dan layanannya, maka Anda perlu memperkirakan jumlah calon penumpang.

Dengan mengetahui jumlah penumpang sejak awal, Anda dapat memilih jenis dan tipe bus yang sesuai. Secara umum, kapasitas bus dibagi menjadi tiga kelompok yaitu bus kecil, bus medium, dan bus besar.

Jika Anda bepergian dengan keluarga kecil yang jumlahnya kurang dari 15 orang, sebaiknya memilih bus kecil. Namun untuk jumlah penumpang yang lebih banyak, Anda dapat menggunakan bus medium atau yang biasa disebut bus tanggung, dengan kapasitas 25-31 penumpang.

Sedangkan untuk rombongan yang besar, bisa menggunakan bus besar yang mampu menampung hingga 59 kursi. Beberapa tipe bus besar dilengkapi dengan fasilitas toilet, namun hal ini akan mengurangi kapasitas penumpangnya. Bus besar dengan toilet biasanya hanya mampu menampung 40 hingga 45 penumpang saja.
 

3. Memperhatikan Kondisi dan Rute Jalan


Setelah menentukan kapasitas bus, pertimbangkan juga rute dan kondisi jalan saat memilih tipe bus yang akan disewa, selain jumlah calon penumpang. Jika destinasi yang dituju memiliki akses jalan sempit dan berliku, lebih baik menunda penggunaan bus dengan kapasitas besar.

Menggunakan tipe bus besar tidak akan cocok dengan akses jalan yang kecil, ini tentu saja akan membuat semua rombongan tidak nyaman. Oleh karena itu, supaya selama perjalanan nyaman dan menyenangkan, pastikan Anda tahu kondisi dan rute jalan menuju tempat destinasi yang dituju.
 

4. Hubungi Perusahaan Bus Pariwisata


Setelah memilih perusahaan bus pariwisata dengan reputasi yang baik, cara sewa bus pariwisata selanjutnya adalah menghubungi mereka secara langsung. Anda dapat mengecek ketersediaan tipe bus yang ingin disewa atau melakukan pertanyaan terkait detail lainnya.

Penting untuk melakukan pemesanan bus pariwisata dari jauh-jauh hari. Anda disarankan untuk memesan bus satu bulan hingga satu minggu sebelum tanggal keberangkatan. Hal ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan jadwal dan armada yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Memesan secara mendadak dapat berisiko mengakibatkan bus yang Anda inginkan tidak tersedia karena sudah dipesan oleh pihak lain. Untuk menghindari hal ini, pastikan Anda melakukan pemesanan bus dengan waktu yang cukup dan sesuai dengan jenis bus yang cocok untuk jumlah peserta rombongan Anda.
 

5. Melakukan Pembayaran


Setelah menyetujui harga yang ditawarkan oleh perusahaan sewa bus, langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran Down Payment (DP). Pembayaran sisa dapat dilakukan setelah perjalanan selesai, sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat dengan pihak penyedia sewa bus.

Penting untuk memastikan bahwa setelah Anda melakukan pembayaran untuk pemesanan layanan sewa bus. Anda menerima bukti pembayaran atau kwitansi dari pihak penyedia layanan bus pariwisata. Kwitansi ini penting sebagai bukti transaksi yang sah antara Anda dan pihak penyedia layanan bus.

Dalam kwitansi tersebut biasanya terdapat rincian biaya yang telah dibayarkan dan menjadi tanggung jawab penyedia layanan bus pariwisata. Harga sewa yang diinformasikan biasanya sudah mencakup biaya untuk supir dan bahan bakar, namun biaya lainnya mungkin belum termasuk dalam harga tersebut.

*Baca Juga: Inilah Interior Bus Pariwisata Terkeren
 

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Sewa Bus Pariwisata


Setelah Anda memahami cara sewa bus pariwisata yang benar, penting untuk tidak terburu-buru tergiur dengan penawaran harga sewa yang murah. Penawaran harga murah seringkali hanya menjadi trik untuk menarik minat konsumen, namun kenyataannya seringkali tidak sesuai dengan ekspektasi.

Telitilah saat akan melakukan sewa bus pariwisata, hal ini agar Anda tidak terjebak dengan harga yang mahal. Sebab, harga mahal tidak selalu menjamin spesifikasi mobil tersebut sesuai dengan keinginan Anda. Sebaiknya, mintalah penjelasan secara rinci mengenai paket yang ditawarkan oleh penyedia sewa bus.

Pastikan juga bahwa bus pariwisata yang Anda sewa memiliki fasilitas yang lengkap. Selain harga dan spesifikasi, pertimbangkan juga kemudahan dalam pemesanan dan cakupan layanan yang tersedia.

Untuk mendapatkan bus pariwisata yang sesuai, kami merekomendasikan Sewa Bus Jakarta Murah dari D'Royal Star yang memiliki armada lengkap. Kami juga menyediakan layanan customer service 24 jam, sehingga Anda dapat mengakses layanan sewa bus pariwisata kami kapan saja.
16 April 2024
Memilih rental mobil lepas kunci adalah pilihan tepat karena ada banyak keuntungan yang Anda dapatkan. Anda bisa menyewa mobil di D’Royal Star!...
16 April 2024
Sewa Hiace Bogor dari D’Royal Star memiliki banyak unggulan dalam memberikan layanan sewa mobil. Yuk Anda bisa pesan sewa mobil Hiace disini!...
16 April 2024
Nikmati perjalanan nyaman dan aman dengan Sewa Hiace Bekasi dari D'Royal Star. Hubungi kami sekarang untuk reservasi!...
HOTLINE SERVICE 24 JAM
Sedang mencari bus pariwisata? Segera hubungi kami melalui nomor berikut ini:

Call & WhatsApp Us!

OFFICE & POOL
Jl. Ir. H. Juanda No. 55
Cisalak, Kec. Sukmajaya
Kota Depok, Jawa Barat 16416
Indonesia

WhatsApp:
0813 9922 9233

Email:
info@sewabusjakartamurah.id

Website:
sewabusjakartamurah.id
COPYRIGHT © 2024 - D'ROYAL STAR
Sewa Bus Red Star