Beranda  ❯  Blogs  ❯  Bus Sedang
10 Juni 2024

Bus Sedang

Bus Sedang

Ketika Anda merencanakan untuk meyewan bus sedang, pastikan untuk memahami fasilitas yang tersedia di dalamnya. Bus sedang atau juga dikenal sebagai bus medium adalah jenis kendaraan yang sering digunakan untuk keperluan seperti pariwisata.

 

Bus medium memiliki panjang sekitar 8 hingga 11 meter, sekitar ¾ dari ukuran bus besar. Seperti kebanyakan bus lainnya, bus medium juga biasanya menggunakan bahan bakar diesel. Meskipun tenaganya tidak sebesar bus besar, namun tetap cukup untuk mengoperasikan kendaraan dengan baik.

 

Fasilitas Bus Sedang Tiap Kelasnya

 

Bus sedang sering dijumpai di berbagai kota, termasuk Jakarta. Di mana bus tersebut menjadi salah satu pilihan utama sebagai moda transportasi umum karena dapat menampung penumpang dalam jumlah besar. Selain digunakan sebagai moda transportasi umum, bus ini juga sering dimanfaatkan untuk keperluan pariwisata.

 

Ini menunjukkan bahwa tidak hanya bus besar yang menjadi pilihan untuk keperluan pariwisata, tetapi bus sedang juga memiliki peran yang signifikan dalam industri pariwisata. Untuk fasilitas yang disediakan oleh setiap bus sedang dapat bervariasi, tergantung pada kelasnya. Jika Anda ingin  mengetahui lebih lanjut mengenai fasilitas, konfigurasi, dan kapasitas dari bus ini, berikut penjelasannya:

 

1. Ekonomi

 

Bus kelas ekonomi adalah kelas paling bawah di dalam kategori bus sedang, dengan fasilitas yang minim dan harga yang terjangkau. Umumnya, bus sedang kelas ekonomi memiliki ukuran yang sedang hingga besar, memungkinkannya untuk mengangkut banyak penumpang sekaligus.

 

Saat Anda masuk kedalam bus kelas ekonomi, Anda dapat melihat perbedaan antara bus medium kelas ekonomi dengan kelas lainnya dari tidak adanya AC di setiap tempat duduknya. Meskipun ada beberapa bus ekonomi yang dilengkapi dengan AC, namun kebanyakan tidak memiliki fasilitas tersebut.

 

Namun perusahaan sewa bus seperti D’Royal Star menyediakan bus sedang kelas ekonomi dengan dilengkapi AC sehingga akan membuat perjalanan lebih nyaman. Umumnya bus ini di sewa untuk berbagai kebutuhan seperti perjalanan wisata, ziarah bahkan untuk mengantar rombongan pengantin.

 

2. VIP

 

Bus medium kelas VIP menawarkan fasilitas yang cukup lengkap meskipun tidak sebanyak yang dimiliki oleh bus kelas eksekutif. Umumnya, bus medium kelas VIP menggunakan jenis SHD (Super High Deck) atau HD Double Glass yang memiliki deck berukuran besar.

 

Baca juga: Jenis-jenis Bus Pariwisata Paling Umum di Indonesia

 

Selain dilengkapi dengan AC untuk kenyamanan penumpang, bus ini juga memiliki recleaning seat, LCD TV, colokan charger, toilet, smoking room, dan bagasi yang luas. Meskipun harganya lebih tinggi daripada kelas ekonomi, fasilitas yang disediakan membuatnya layak dipertimbangkan.

 

3. Eksekutif

 

Bus sedang kelas tertinggi ini menyediakan beragam fasilitas yang ditingkatkan dari kelas VIP. Meskipun biaya sewanya cukup tinggi, namun fasilitas yang ditawarkan sepadan dengan investasi Anda karena bus ini dilengkapi dengan teknologi canggih.

 

Fasilitas-fasilitas di dalam bus eksekutif meliputi AC, Wifi, toilet, recleaning seat, smoking room, layar LCD dan DVD, bantal dan selimut, colokan charger, serta bagasi yang luas. Dengan ruang bagasi yang lapang, Anda dapat membawa banyak barang dalam perjalanan menggunakan bus ini.

 

Kapasitas Bus Medium Tiap Kelas

 

Setelah mengetahui berbagai fasilitas yang terdapat pada tiap kelas bus medium, pembahasan berikutnya adalah tentang kapasitas yang terdapat pada bus medium tiap kelasnya. Tiap kelas tentu memiliki kapasitas yang berbeda-beda.

 

1. Kapasitas Bus Medium Kelas Ekonomi

 

Kapasitas yang ditawarkan oleh bus medium tergolong cukup besar, meskipun tidak sebesar big bus. Bus ini menyediakan sekitar 31 kursi, bus ini dapat mengangkut hingga 31 penumpang. Konfigurasi tempat duduknya adalah 2-2 dengan tambahan 5 kursi di bagian belakang bus.

 

Baca juga: Macam-Macam Bus Luxury dan Kapasitasnya

 

Karena kapasitasnya yang besar, bus ini sering digunakan sebagai sarana transportasi pariwisata yang dapat menampung banyak penumpang. Meskipun fasilitasnya tidak terlalu lengkap namun bus ini tetap akan membuat perjalanan rombongan nyaman.

 

2. Kapasitas Bus Medium Kelas VIP

 

Bus medium dengan kelas VIP, memiliki kapasitas 31 seat, namun juga ada yang tersedia 27 atau 29 seat. Bus dengan 27/29 seat biasanya memiliki susunan seat (2-2), sementara bus dengan 31 seat mirip dengan bus medium kelas ekonomi dengan tambahan 5 seat di bagian belakang.

 

Hal ini memberikan lebih banyak ruang kaki bagi penumpang, meningkatkan kenyamanan mereka. Meskipun ada beberapa fasilitas pendukung kenyamanan, namun kenyamanan sesungguhnya terasa kurang jika ruang kaki tidak memadai.

 

Karena alasan tersebut, bus ini sering dipilih untuk perjalanan jarak jauh atau kegiatan wisata. Selain itu, bus ini juga digunakan sebagai cadangan jika terjadi masalah pada bus besar. Dengan biaya yang lebih terjangkau daripada bus besar kelas VIP, Anda masih dapat menikmati fasilitas VIP dan kapasitas bus medium yang sama seperti yang dimiliki oleh bus besar.

 

3. Kapasitas Bus Medium Kelas Eksekutif


Bus ini biasanya dilengkapi dengan 27 seat, menawarkan kenyamanan sebagai prioritas utama. Dengan jumlah seat yang terbatas, memberikan lebih banyak ruang untuk penumpang, sehingga memungkinkan mereka bergerak lebih leluasa.
 

Meskipun bus medium ini memiliki kapasitas yang terbatas, masih banyak yang menggunakannya untuk berbagai keperluan, seperti pariwisata atau ziarah. Meskipun biayanya cukup tinggi, itu sepadan dengan fasilitas yang ditawarkan oleh bus ini.
 

Itulah penjelasan terkait dengan fasilitas dan kapasitas umum dari bus sedang yang bisa Anda ketahui. Setiap bus memiliki fasilitas dan kapasitasnya sendiri, tergantung pada jenis dan modelnya. Namun, pembahasan di atas mencakup fasilitas dan kapasitas yang umumnya dimiliki oleh sebagian besar bus medium.
 

Bagaimana? Sudah menentukan bus mana yang ingin Anda gunakan untuk perjalanan wisata atau acara lainnya? Pastikan Anda menyesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan Anda. Jangan lupa untuk selalu memprioritaskan kenyamanan saat bepergian, karena kenyamanan adalah hal yang paling penting.
 

Jika Anda tengah merencanakan perjalanan yang nyaman dan aman bersama keluarga atau teman-teman, Anda dapat memilih untuk sewa bus pariwisata dari D’Royal Star. D’Royal Star adalah perusahaan transportasi berpengalaman yang selalu memberikan layanan terbaik dalam penyewaan berbagai kendaraan.
 

Dengan armada bus yang terawat dengan baik dan dilengkapi dengan fasilitas modern, seperti kursi yang nyaman, AC yang dingin, serta sistem keamanan yang terpercaya, Anda dapat menikmati perjalanan Anda tanpa khawatir.
 

Selain itu, dengan sopir-sopir berpengalaman yang akan membawa Anda ke destinasi tujuan dengan aman dan tepat waktu. Maka pengalaman Anda dalam menjelajahi tempat-tempat menarik akan menjadi lebih berkesan dan menyenangkan.
 

Jadi, jangan ragu untuk memilih D’Royal Star sebagai mitra perjalanan Anda yang dapat diandalkan untuk pengalaman liburan yang tak terlupakan!

28 Juni 2024
Kelebihan sewa big bus pariwisata 1. Kapasitas Penumpang, 2. Kenyamanan, 3. Desain yang Gagah, 4. Fasilitas di Dalam Bus...
28 Juni 2024
Kelebihan double decker bus 1. Kapasitas yang Besar, 2. Kenyamanan dan Fasilitas, 3. LSI Tinggi, 4. Desainnya Yang Mewah, 5. Inovasi Baru dari Bus Double Decker...
28 Juni 2024
Tips memilih bus pariwisata 1. Pertimbangkan Kapasitas dan Kondisi Bus, 2. Pastikan Fasilitas Bus Lengkap, 3. Cek Legalitas dan Reputasi Perusahaan Penyewaan...
HOTLINE SERVICE 24 JAM
Sedang mencari bus pariwisata? Segera hubungi kami melalui nomor berikut ini:

Call & WhatsApp Us!

OFFICE & POOL
Jl. Ir. H. Juanda No. 55
Cisalak, Kec. Sukmajaya
Kota Depok, Jawa Barat 16416
Indonesia

WhatsApp:
0813 9922 9233

Email:
info@sewabusjakartamurah.id

Website:
sewabusjakartamurah.id
COPYRIGHT © 2024 - D'ROYAL STAR
Sewa Bus Red Star