Beranda  ❯  Blogs  ❯  Jumlah Kursi Bus Pariwisata
14 Mei 2024

Jumlah Kursi Bus Pariwisata

Jumlah Kursi Bus Pariwisata

Jumlah kursi bus pariwisata perlu Anda ketahui saat akan menyewanya sehingga dapat menyesuaikan dengan jumlah peserta rombongan. Bus pariwisata merupakan pilihan transportasi yang nyaman dan efisien untuk perjalanan wisata bersama rombongan.

 

Memahami kapasitas sebenarnya dari bus pariwisata sangat penting dalam merencanakan perjalanan. Hal ini tidak hanya mempengaruhi kenyamanan penumpang tetapi juga memastikan kepatuhan terhadap aturan keselamatan dan regulasi transportasi. Nah dalam artikel ini, kita akan membahas jumlah kursi bus pariwisata dari beberapa jenis bus pariwisata.

 

Jumlah Kursi Bus Pariwisata Berdasarkan Jenisnya

 

Dikutip dari e-book yang berjudul "Membenahi Tata Kelola Bus Pariwisata" oleh Ir. Drs. Djoko Setijowarno, MT. (2017:31). Bahwa angkutan pariwisata merupakan angkutan yang menggunakan mobil penumpang umum dan bus umum yang dilengkapi dengan tanda khusus untuk keperluan wisata, serta memiliki tujuan ke tempat-tempat wisata.

 

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan berbagai faktor saat memilih bus pariwisata, termasuk kelengkapan fasilitas yang disediakan oleh bus tersebut. Selain itu, bus pariwisata harus memenuhi standar pelayanan minimal yang telah ditetapkan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

 

Nah berikut jumlah kursi bus pariwisata berdasarkan dengan jenisnya:

 

1. Minibus

 

Minibus atau juga sering disebut microbus merupakan kendaraan dengan jumlah penumpang sekitar 8 hingga 19 orang. Jenis bus ini dirancang untuk perjalanan bersama kelompok kecil atau perjalanan dengan jarak tempuh yang tidak terlalu jauh.

 

Dengan ukurannya yang lebih kecil, minibus menjadi pilihan yang cocok untuk perjalanan bersama teman dekat, keluarga kecil, atau dalam skala yang lebih terbatas. Fleksibilitasnya dalam navigasi melalui jalan sempit atau sulit dijangkau oleh bus berukuran lebih besar membuatnya menjadi pilihan yang praktis.

 

Meskipun lebih kecil, mesin dan performa minibus tetap memadai untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penumpang dalam perjalanan yang tidak terlalu jauh. Biasanya minu bus memiliki ukuran seperti: Panjang 6 hingga 8 meter, lebarnya sekitar 2,1 meter, dan tingginya 2,5 meter. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa jumlah kursi bus pariwisata ini antara 8 hingga 19 penumpang.

 

2. Bus Sedang

 

Jumlah kursi bus pariwisata ukuran sedang yaitu 25 hingga 31 kursi, membuatnya ideal untuk rombongan yang lebih besar seperti tur wisata, perjalanan keluarga, kegiatan organisasi, atau bahkan acara khusus lainnya.

 

Tata letak kursi yang umumnya dua kursi di sisi kanan dan dua kursi di sisi kiri memberikan keseimbangan baik antara kapasitas penumpang dan ruang di dalam bus. Serta memberikan penumpang ruang yang lebih luas untuk duduk dan bergerak selama perjalanan.

 

Bus ini menawarkan kenyamanan dan fleksibilitas untuk rombongan yang lebih besar karena dimensinya yang sedang. Dimensi standar bus sedang biasanya adalah panjang sekitar 8 hingga 10 meter, lebar sekitar 2,3 meter, dan tinggi sekitar 3 meter.

 

3. Medium Long Bus

 

Jumlah kursi bus pariwisata jenis bus medium long adalah sekitar 35 hingga 39 kursi, menjadikannya pilihan yang cocok di antara bus sedang dan bus besar. Tata letak kursinya biasanya dua kursi di baris sebelah kanan dan dua kursi di baris sebelah kiri, memberikan ruang yang nyaman untuk perjalanan bersama dengan rombongan yang tidak terlalu besar.

 

Dengan dimensi yang lebih besar dari bus sedang namun lebih kecil dari bus besar, bus medium long memiliki panjang sekitar 10 hingga 12 meter, lebar sekitar 2,5 meter, dan tinggi sekitar 3,5 meter.

 

4. Big Bus

 

Bus pariwisata ini memiliki kapasitas hingga 59 penumpang. Ini menjadikannya pilihan yang sangat cocok untuk rombongan besar seperti keluarga besar atau acara kantor yang membutuhkan kendaraan untuk menampung banyak orang secara bersamaan.

Terdapat dua jenis penataan kursi pada big bus, tergantung pada kapasitasnya.

 

Pada bus dengan kapasitas 59 penumpang, penataan kursi adalah dua kursi di sisi kanan dan tiga kursi di sisi kiri. Sementara bus dengan kapasitas 47 penumpang, tata letak kursinya adalah dua kursi di kedua sisi, baik di sebelah kanan maupun kiri.

 

Baca juga: Sewa Bus ke Puncak

 

Penempatan kursi ini memberikan fleksibilitas dalam menyediakan ruang yang cukup untuk perjalanan yang nyaman. Big bus umumnya memiliki panjang 12 hingga 15 meter, lebar sekitar 2,5 meter dan tinggi sekitar 3,8 meter

 

Tips Memilih Bus Pariwisata Sesuai Kebutuhan

 

Setelah mengetahui jumlah kursi bus pariwisata, penting untuk mempertimbangkan beberapa faktor lainnya. Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini dalam memilih bus pariwisata:

 

1. Sesuaikan Kapasitas Penumpang dengan Baik

 

Pastikan bus yang Anda pilih sesuai dengan jumlah peserta. Jika rombongan Anda kecil, pilihlah bus yang tidak terlalu besar untuk menghindari pemborosan kapasitas dan anggaran. Sebaliknya, pastikan bus yang dipilih cukup besar untuk menampung rombongan yang besar sehingga setiap peserta mendapatkan tempat duduk.

 

2. Perhatikan Fasilitas Tambahan

 

Fasilitas tambahan juga merupakan hal yang perlu dipertimbangkan. Perjalanan yang panjang memerlukan fasilitas tambahan untuk memenuhi kebutuhan penumpang. Misalnya, keberadaan toilet, koneksi wifi, hiburan, atau fasilitas lainnya.

 

3. Pertimbangkan Rute Perjalanan

 

Saat memilih bus pariwisata, pertimbangkan juga rute perjalanan. Ukuran bus dapat berpengaruh pada aksesibilitas ke lokasi tujuan. Misalnya, jika tujuan Anda berada di area yang sulit dijangkau, pastikan bus yang dipilih mampu melalui jalur tersebut.

 

4. Perhatikan Anggaran

 

Anggaran juga menjadi faktor penting yang harus dipertimbangkan saat memilih bus pariwisata. Pilihlah bus yang sesuai dengan perkiraan biaya yang telah Anda tetapkan sebelumnya. Komunikasikan anggaran Anda kepada penyedia layanan bus untuk membantu menemukan pilihan yang ekonomis tanpa mengorbankan kualitas pelayanan.

 

Baca juga: Biaya Sewa Bus Pariwisata

 

5. Pertimbangkan Ruang dan Kenyamanan

 

Pilih bus pariwisata yang menyediakan ruang yang memadai dan kenyamanan, terutama untuk perjalanan jarak jauh. Penting untuk memastikan semua penumpang merasa nyaman dan menikmati perjalanan. Perhatikan kualitas kursi, ruang kaki, dan fasilitas lain yang dapat meningkatkan kenyamanan selama perjalanan.

 

Sewa Bus Pariwisata di D'Royal Star Sekarang!

 

Setelah Anda memperoleh pemahaman yang jelas mengenai jumlah kursi bus pariwisata. Serta mempertimbangkan kebutuhan spesifik perjalanan Anda, termasuk destinasi dan jumlah penumpang, Anda pastinya sudah memutuskan jenis bus apa yang ingin Anda sewa. Untuk memastikan pengalaman perjalanan yang optimal, yang mencakup kenyamanan, keamanan, dan fasilitas yang memadai, sewa bus pariwisata dar D’Royal Star bisa menjadi pilihan.

 

Kami pastikan setiap armada yang disediakan telah menjalani pemeliharaan rutin yang ketat, memastikan bahwa setiap perjalanan Anda berlangsung dengan aman dan nyaman. Selain itu, kami juga memiliki kru dan driver yang berpengalaman, yang tidak hanya memastikan kelancaran perjalanan Anda. Tetapi juga siap memberikan bantuan dan pelayanan terbaik selama seluruh perjalanan Anda.

 

Dengan begitu, Anda dapat mempercayakan perjalanan Anda kepada kami dengan keyakinan bahwa Anda akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan dan memuaskan. Silahkan hubungi kami sekarang untuk memesan jenis bus yang Anda butuhkan!

28 Juni 2024
Kelebihan sewa big bus pariwisata 1. Kapasitas Penumpang, 2. Kenyamanan, 3. Desain yang Gagah, 4. Fasilitas di Dalam Bus...
28 Juni 2024
Kelebihan double decker bus 1. Kapasitas yang Besar, 2. Kenyamanan dan Fasilitas, 3. LSI Tinggi, 4. Desainnya Yang Mewah, 5. Inovasi Baru dari Bus Double Decker...
28 Juni 2024
Tips memilih bus pariwisata 1. Pertimbangkan Kapasitas dan Kondisi Bus, 2. Pastikan Fasilitas Bus Lengkap, 3. Cek Legalitas dan Reputasi Perusahaan Penyewaan...
HOTLINE SERVICE 24 JAM
Sedang mencari bus pariwisata? Segera hubungi kami melalui nomor berikut ini:

Call & WhatsApp Us!

OFFICE & POOL
Jl. Ir. H. Juanda No. 55
Cisalak, Kec. Sukmajaya
Kota Depok, Jawa Barat 16416
Indonesia

WhatsApp:
0813 9922 9233

Email:
info@sewabusjakartamurah.id

Website:
sewabusjakartamurah.id
COPYRIGHT © 2024 - D'ROYAL STAR
Sewa Bus Red Star