Beranda  ❯  Blogs  ❯  Macam-Macam Bus Pariwisata dan Kapasitasnya
10 Januari 2024

Macam-Macam Bus Pariwisata dan Kapasitasnya

Macam-Macam Bus Pariwisata dan Kapasitasnya
Bus pariwisata sering menjadi pilihan yang populer bagi banyak orang yang ingin melakukan perjalanan wisata dalam kelompok besar. Hal ini karena bus pariwisata sering dilengkapi dengan fasilitas yang membuat perjalanan lebih nyaman. Seperti adanya AC, kursi yang nyaman, hiburan di dalam bus, bahkan toilet.

Dengan kualitas tersebut dapat membantu menjamin kenyamanan penumpang selama perjalanan yang mungkin berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Tidak heran jika banyak orang lebih memilih menggunakan bus yang dikhususkan untuk perjalanan wisata. Nah jika Anda berencana berwisata dengan jumlah anggota yang banyak, mari cari tahu jenis bus pariwisata dan kapasitasnya.
 

Macam-Macam Bus Pariwisata


Menggunakan bus pariwisata yang dikhususkan untuk perjalanan wisata memiliki banyak keuntungan. Salah satunya dapat mengangkut banyak orang dalam satu perjalanan. Ini membuatnya menjadi pilihan yang efisien dan nyaman untuk kelompok besar seperti rombongan wisata, perusahaan, atau keluarga besar.

Perjalanan dengan bus pariwisata dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan pengalaman bersama. Penumpang dapat berinteraksi, berbagi pengalaman, dan membuat kenangan bersama selama perjalanan.

Apalagi bus pariwisata memberikan rute dan destinasi yang fleksibel. Dalam beberapa kasus, Anda dapat menyesuaikan rencana perjalanan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Namun penting untuk mengetahui jumlah peserta dengan pasti sebelum Anda melakukan pemesanan bus pariwisata.

Pemesanan yang mendadak sulit dilakukan, terutama pada bulan-bulan tertentu karena permintaan meningkat. Disarankan untuk memesan dari jauh-jauh hari, nah memudahkan Anda dalam memilih bus pariwisata yang cocok dengan rombongan, berikut adalah jenis-jenis bus pariwisata dan kapasitasnya:
 

1. Mini Bus


Seperti namanya, mini bus ini memiliki dimensi yang lebih kecil dibandingkan bus besar, namun lebih besar dibandingkan mobil pribadi. Mini bus dapat menjadi pilihan yang ideal bagi Anda yang merencanakan perjalanan bersama keluarga besar.

Kapasitas penumpang dari bus ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu 13 hingga 15 seat atau 16 hingga 19 seat. Anda dapat memilih jumlah seat yang sesuai dengan jumlah penumpang yang akan ikut dalam perjalanan. Jenis bus ini juga lumayan untuk perjalan jauh.
 

2. Mini Van


Bus pariwisata mini van mampu menampung kapasitas hingga 20 penumpang lho. Bus ini cocok digunakan untuk perjalanan bersama keluarga atau rombongan dengan jarak tempuh yang tidak terlalu jauh.

Mini van menjadi media transportasi terbaru yang semakin menarik minat para traveler. Mini van menampilkan interior yang cantik dengan fasilitas setara dengan bus pariwisata berukuran besar. Ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mengajak rombongan yang tidak terlalu banyak untuk berwisata.
 

3. Medium Bus


Jika Anda membutuhkan bus pariwisata dengan kapasitas yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, maka opsi sewa bus medium mungkin lebih cocok untuk Anda. Meskipun ukuran bisnya tetap sama, bus pariwisata ini memiliki variasi ukuran seat yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Kapasitas bus medium berkisar antara 25, 27, 29, dan 31 seat, memberikan fleksibilitas dalam pemilihan sesuai kebutuhan pemesan. Dengan ukuran yang lebih kecil daripada big bus namun lebih besar daripada mini bus, bus ini bisa menjadi pilihan yang tepat.
 

4. Junior Bus


Bus pariwisata ini memiliki kapasitas sebanyak 39 kursi. Junior Bus memiliki model yang sedikit lebih panjang dibanding medium bus namun lebih kecil dibanding big bus. Pengaturan kursi di Junior Bus adalah dua di baris sebelah kanan dan dua baris di sebelah kiri.

Bagi keluarga atau rombongan yang tidak terlalu besar, bus ini sepertinya merupakan pilihan yang cocok untuk liburan Anda. Apalagi dilengkapi fasilitas yang cukup lengkap, seperti tempat duduk yang nyaman, tempat hiburan dan juga banyak lagi.
 

5. Big Bus


Big Bus atau bus besar dapat mengangkut 59 penumpang dengan konfigurasi kursi dua di sebelah kanan dan tiga di sebelah kiri, sering disebut sebagai bus kelas ekonomi. Dengan total seat mencapai 59, ukuran bus ini memang lebih besar dibandingkan dengan dua jenis sebelumnya.

Selain itu, Big Bus juga memiliki varian dengan konfigurasi yang lebih nyaman, yaitu kursi 2 di kedua sisi. Hal ini membuat ruang gerak jadi lebih luas dibandingkan dengan big bus sebelumnya. Sehingga bus ini sangat cocok untuk perjalanan bersama rombongan dalam jumlah besar.
 

6. Bus Super High Deck


Bus super high deck dengan tinggi mencapai 3500 mm menjadi pilihan utama untuk pariwisata berkat ukurannya yang besar. Dengan bagasinya yang luas, bus ini mampu menampung 50 hingga 60 penumpang, tergantung pada konfigurasi kursi yang digunakan.

Menggunakan Bus Super High Deck dapat lebih ekonomis dibandingkan dengan perjalanan individual atau moda transportasi lainnya. Hal ini karena bus super high deck dapat menampung lebih banyak penumpang.

Itulah 6 jenis bus pariwisata yang paling umum menjadi pilihan banyak orang. Setiap bus memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung kebutuhan fungsionalnya. Faktor-faktor, seperti kapasitas penumpang, konfigurasi kursi, dan luas bagasi menjadi pertimbangan utama saat memilih bus pariwisata.

Aspek ini berpengaruh pada tingkat kenyamanan penumpang, terutama ketika melakukan perjalanan yang cukup jauh. Dengan demikian, pemahaman mengenai berbagai jenis bus pariwisata berdasarkan kapasitas penumpang dan ukuran menjadi penting dalam memenuhi kebutuhan perjalanan wisata yang optimal.

Jika Anda mencari rental bus pariwisata, Anda bisa menghubungi jasa Sewa Bus Jakarta Murah. Kami menyediakan layanan rental bus untuk wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi).

Di bawah naungan D'Royal Star, kami berkomitmen penuh untuk melayani Anda dengan sepenuh hati. Armada bus pariwisata kami cocok untuk berbagai kebutuhan, mulai dari wisata keluarga, gathering kantor, hingga kegiatan lainnya. Silahkan hubungi kami untuk sewa bus pariwisata sesuai dengan kapasitas Anda!
28 Juni 2024
Kelebihan sewa big bus pariwisata 1. Kapasitas Penumpang, 2. Kenyamanan, 3. Desain yang Gagah, 4. Fasilitas di Dalam Bus...
28 Juni 2024
Kelebihan double decker bus 1. Kapasitas yang Besar, 2. Kenyamanan dan Fasilitas, 3. LSI Tinggi, 4. Desainnya Yang Mewah, 5. Inovasi Baru dari Bus Double Decker...
28 Juni 2024
Tips memilih bus pariwisata 1. Pertimbangkan Kapasitas dan Kondisi Bus, 2. Pastikan Fasilitas Bus Lengkap, 3. Cek Legalitas dan Reputasi Perusahaan Penyewaan...
HOTLINE SERVICE 24 JAM
Sedang mencari bus pariwisata? Segera hubungi kami melalui nomor berikut ini:

Call & WhatsApp Us!

OFFICE & POOL
Jl. Ir. H. Juanda No. 55
Cisalak, Kec. Sukmajaya
Kota Depok, Jawa Barat 16416
Indonesia

WhatsApp:
0813 9922 9233

Email:
info@sewabusjakartamurah.id

Website:
sewabusjakartamurah.id
COPYRIGHT © 2024 - D'ROYAL STAR
Sewa Bus Red Star